Hati-Hati Penipuan Berkeduk Payfazz


Hi, Sobat PAYFAZZ! Apa kabarnya?
Kamu pernah jadi korban penipuan? Hmm, menjadi korban penipuan itu pasti gak enak banget kan?!
Penipuan bisa terjadi di mana saja, dan satu – satunya yang bisa membuat kita terhindar adalah tetap teliti dan tenang dalam menerima informasi apapun sehingga kita mudah untuk berpikir dengan jernih.
Kali ini PAYFAZZ mau infokan hal penting demi kenyamanan dan keamanan kamu dalam bertransaksi di PAYFAZZ. Yuk simak infonya sampai selesai!
Untuk memudahkan dalam memahami modus kasus penipuan, kali ini PAYFAZZ menjelaskan dengan percakapan berikut,

Ilustrasi Percakapan 1

Penelpon : “Selamat malam. Saya salah masukkan nomor telepon, bisa saya minta kode OTP yang masuk lewat SMS  ke nomor Bapak?”
Agen  : “Ini dengan siapa? Kenapa saya harus memberikan kode OTP ke Anda?”
Penelpon : “Tolong infokan kode OTP tersebut ke saya, ini customer saya top up saldo  via Alf*m*rt dan saya harus menginfokan kode OTP itu, jika tidak saya harus ganti rugi!”
Agen  : “Maaf pak, transaksi top up saldo PAYFAZZ hanya dapat dilakukan via Agen PAYFAZZ, dan kode OTP sifatnya rahasia tidak bisa diinfokan ke siapapun walaupun yang menerima kode OTP tidak merasa request kode tersebut. Jika Anda tetap menelpon dan meminta kode OTP, silahkan lebih baik Anda konfirmasi ke CS PAYFAZZ terlebih dahulu.” 

Ilustrasi Percakapan 2

Penelpon : Halo, Saya dari PAYFAZZ, dan saya ingin melakukan survey. Untuk itu, apakah Anda dapat menginfokan kode OTP yang masuk ke SMS di handphone Anda?
Agen : Maaf, sebelumnya. Ini survey apa? Sepengetahuan saya kode OTP itu bersifat rahasia dan tidak akan masuk ke nomor saya kecuali saya yang melakukan request sendiri sebagai pemilik akun.
Penelpon : Betul Pak, tapi kami sedang melakukan survey untuk keperluan perbaikan sistem PAYFAZZ.
Agen : Silahkan infokan ke CS PAYFAZZ dahulu. Terima Kasih!

Silahkan perhatikan poin – poin pembahasan ilustrasi percakapan di atas!

Apakah Anda pernah mendapat telepon seperti itu? Nah jika pernah jangan sampai tertipu ya. Baru – baru ini beberapa Agen PAYFAZZ mendapatkan telepon yang mengaku pihak PAYFAZZ.
Alasan penelpon tersebut bermacam – macam, mereka beralasan sedang melakukan survey untuk keperluan perbaikan sistem PAYFAZZ ataupun salah top up saldo.
Silahkan Anda pahami dua ilustrasi percakapan di atas.
Pada Ilustrasi Percakapan 1, terdapat dua hal janggal yang harus Anda garis bawahi yaitu
  • Pengisian top up saldo tidak dapat dilakukan melalui vendor/merchant apapun seperti Alf*m*rt/Ind*m*rt/L*ws*n dan sebagainya.
  • Untuk saat ini transfer saldo PAYFAZZ hanya dapat dilakukan melalui transfer via Bank dan transfer sesama Agen PAYFAZZ
  • Pengisian saldo PAYFAZZ tidak memerlukan konfirmasi kode OTP (One Time Password) jika terjadi salah transfer atau apapun. Begitu juga untuk transaksi salah kirim pulsa dan sebagainya.
  • Kode OTP hanya akan masuk ke handphone Agen melalui SMS apabila : si Agen lupa password dan request langsung via handphone sendiri.
  • Karena sifatnya rahasia maka kode OTP tidak boleh diinfokan ke siapapun, demi keamanan dan kerahasiaan akun PAYFAZZ Anda!
Pada Ilustrasi Percakapan 2, perhatikan hal – hal berikut
  • Jika ada survey, pihak PAYFAZZ akan mengumumkan via sosial media terlebih dahulu dan menjelaskan secara detail di blog/facebook/instagram/twitter
  • Survey biasanya tidak melalui telepon, tetapi melalui google docs yang berupa formulir online, tanpa ada percakapan yang terjadi antara Agen dan Pihak PAYFAZZ.
  • Lagi! Kode OTP tidak boleh diinfokan ke siapapun demi alasan keamanan dan kenyamanan Anda.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika mendapat telepon seperti itu?

Jika kalian menemukan kejanggalan saat mendapat telepon yang mengatas namakan PAYFAZZ silahkan lakukan langkah – langkah berikut!
  • Konfirmasikan ke pihak CS tentang informasi yang disampaikan oleh penelpon yang menghubungi Anda
  • Laporkan nomor telepon yang digunakan penelpon untuk mengubungi Anda ke CS PAYFAZZ
  • Jika Anda ragu dengan info yang diberikan oleh pihak penelpon, abaikan saja!
  • Hentikan menyebarkan nomor telepon pribadiyang terdaftar sebagai Agen PAYFAZZ di sosial media. Cukup sebar kode referral saja.
  • Jika memberikan nomor telepon dirasa perlu, lakukan lewat inbox sosial media/pesan pribadi.
  • Lakukan pengecekkan ke sosial media PAYFAZZ untuk memastikan promo atau lomba yang sedang berjalan di PAYFAZZ
Jika pihak PAYFAZZ ada keperluan ke Agen atau customer, maka jalur yang dipakai untuk menghubungi Agen PAYFAZZ adalah melalui:
  • Inbox sosial media resmi PAYFAZZ : Facebook, Instagram, ataupun Twitter
  • Email resmi pegawai PAYFAZZ akan di akhiri @payfazz.com. Misalnya : rizko@payfazz.comatau putri@payfazz.com
  • Telepon kantor PAYFAZZ : (021) 29043771
Yuk sama – sama menjadi Agen PAYFAZZ yang cerdas dan lebih peduli dengan hal – hal tersebut.
Jangan lupa sebarkan informasi ini ke rekan – rekan Agen PAYFAZZ di sekitarmu!

0 Response to "Hati-Hati Penipuan Berkeduk Payfazz"

Post a Comment